Cara Mudah Install EasyEngine 4 di Ubuntu 20.04

Cara Mudah Install EasyEngine 4 di Ubuntu 20.04

Ada banyak perangkat lunak untuk mengelola infrastruktur server web, ada yang berbayar dan ada juga yang gratis. Kalau kamu cari yang gratis, kamu bisa menggunakan EasyEngine 4.

Tutorial ini membahas tentang bagaimana cara mudah install EasyEngine 4 di Ubuntu 20.04. Ikuti penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Apa Itu EasyEngine 4?

EasyEngine 4 adalah perangkat lunak open-source yang digunakan untuk mengelola infrastruktur server web.

EasyEngine 4 dirancang khusus untuk mengelola situs web WordPress di lingkungan server Linux, seperti Ubuntu, Debian, dan CentOS.

Perangkat lunak ini memberikan antarmuka pengguna yang mudah digunakan dan memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengatur dan mengelola konfigurasi server, instalasi WordPress, dan fitur web lainnya.

Dengan EasyEngine 4, pengguna dapat mengelola banyak situs web WordPress di server yang sama, meningkatkan kinerja situs web, dan memperluas fitur dengan plugin dan integrasi pihak ketiga.

EasyEngine 4 menggunakan teknologi container Docker untuk memudahkan instalasi dan konfigurasi server dan aplikasi web.

EasyEngine 4 dikembangkan oleh rtCamp, sebuah perusahaan pengembangan web dengan fokus pada WordPress dan teknologi Linux.

Proyek ini bersifat open-source dan dapat diakses dan digunakan secara gratis oleh siapa saja yang memerlukannya.

Kelebihan EasyEngine 4

  • Mudah digunakan: EasyEngine 4 menawarkan antarmuka pengguna yang mudah digunakan sehingga bahkan pengguna yang tidak berpengalaman dengan Linux dapat menggunakannya.
  • Meningkatkan kinerja situs web: EasyEngine 4 memungkinkan Anda untuk mempercepat situs web Anda dengan konfigurasi server yang optimal untuk WordPress.
  • Skalabilitas: EasyEngine 4 dirancang untuk memungkinkan Anda dengan mudah mengelola beberapa situs web dan meningkatkan kapasitas server Anda jika Anda memerlukannya.
  • Dukungan plugin: EasyEngine 4 hadir dengan dukungan plugin yang kuat dan memungkinkan Anda untuk memperluas fitur dan fungsi.

Kekurangan EasyEngine 4

  • Kurangnya fleksibilitas: EasyEngine 4 mungkin terlalu terbatas dalam hal konfigurasi khusus yang dibutuhkan oleh pengguna ahli atau pengembang.
  • Tidak cocok untuk penggunaan umum: EasyEngine 4 mungkin tidak cocok untuk penggunaan umum dan lebih cocok untuk pengguna yang lebih berpengalaman dengan teknologi server.
  • Terbatas pada WordPress: EasyEngine 4 dirancang khusus untuk WordPress dan tidak cocok untuk aplikasi web lainnya.
  • Tidak tersedia dukungan resmi: EasyEngine 4 adalah proyek open-source dan tidak memiliki dukungan resmi dari pengembangnya. Namun, komunitas pengguna yang besar siap membantu pengguna dalam mengatasi masalah dan pertanyaan.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan EasyEngine 4. Namun, keputusan akhir untuk menggunakan atau tidak menggunakan EasyEngine 4 tergantung pada kebutuhan dan preferensi pengguna.

Cara install EasyEngine 4 di Ubuntu 20.04

1. Persiapkan Lingkungan Server

Sebelum memulai, pastikan bahwa sistem operasi Ubuntu 20.04 Anda telah sepenuhnya diperbarui dan dikonfigurasi dengan akses root. Juga pastikan bahwa server Anda telah memiliki akses internet yang stabil.

2. Install EasyEngine 4

Setelah mengkonfirmasi bahwa lingkungan server Anda memenuhi persyaratan, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menginstal EasyEngine 4:

  • Buka terminal Anda dan perbarui repositori paket sistem operasi Anda dengan perintah:
sudo apt update
  • Setelah repositori diperbarui, instal paket yang diperlukan dengan perintah:
sudo apt install curl git unzip socat
  • Setelah itu, unduh dan pasang skrip penginstal EasyEngine 4 dengan perintah berikut:
wget -qO ee https://raw.githubusercontent.com/EasyEngine/easyengine/v4.2.2/install
  • Setelah selesai, berikan izin eksekusi pada skrip penginstal dengan perintah:
sudo chmod +x ee
  • Terakhir, jalankan skrip penginstal EasyEngine 4 dengan perintah:
sudo ./ee
  • Proses instalasi akan dimulai, dan Anda akan diminta untuk memilih konfigurasi dasar dan plugin. Ikuti instruksi pada layar untuk menyelesaikan instalasi.

Setelah instalasi selesai, Anda dapat memeriksa versi EasyEngine 4 dengan menjalankan perintah:

ee -v

Jika instalasi berhasil, Anda akan melihat versi yang terinstal dari EasyEngine 4.

Itulah langkah-langkah cara menginstal EasyEngine 4 di Ubuntu 20.04. Semoga tutorial ini membantu Anda!